Jumat, 25 September 2009

Multimedia untuk Berdakwah


Penggunaan Multimedia yang atraktif dan mudah dipahami membuat aplikasi ini semakin banyak dipelajari semua kalangan. Buktinya, kini hampir semua SMK yang membuka kompetensi Multimedia selalu dibanjiri pendaftar sehingga sampai diberlakukan sistem kuota supaya kompetensi yang lain tetap mendapat siswa. Multimedia bisa di aplikasikan di semua bidang yang mengedepankan layanan informasi.

Bidang keagamaan termasuk didalamnya adalah masjid merupakan lembaga yang juga menggunakan alat komunikasi sebagai media penyampai dakwah. Sehari-harinya tempat ibadah umat Islam sudah menggunakan alat pengeras suara untuk mengumandangkan adzan. Kedepannya bukan tak mungkin pengurus masjid akan mem-broadcast panggilan shalat jumat melalui sms. Sms tersebut dapat berisi informasi kas masjid, nama Khatib dan Imam Shalat Jumat, serta resume materi Khutbah Jumat.

Sang Khatib juga hendaknya menyiapkan materi khutbah Jumat dalam bentuk Slide power point ataupun yang lebih canggih menggunakan Macromedia Director. Materi ayat-ayat Al-Quran dapat ditampilkan langsung kepada jamaah, sehingga jamaahpun dapat mempelajari kandungan Al-Quran dengan lebih dalam. Bila perlu disertai ilustrasi gambar maupun video yang mendukung isi khutbah untuk menghilangkan kebiasaan ngantuk saat mendengarkan khutbah jumat. Jamaah akan merasa senang ketika mendapatkan gambaran visual tentang apa yang sedang dibicarakan. Misalnya gambar mulut gua hira’ tempat Rasulullah Muhammad SAW pertama kali menerima wahyu Al-Qur’an. Juga peta yang menggambarkan perjalanan Rasul saat hijrah, dsb. Media dakwah berbasis multimedia ini juga bisa dikolaborasikan dengan internet, sehingga jamaah dapat mendownload materi khutbah.

Meskipun bertujuan baik, namun mungkin ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan aplikasi multimedia untuk berdakwah. Diantaranya adalah biaya operasionalnya yang masih tinggi, kemudian kemungkinan juga terdapat resistensi dari ulama yang tidak membolehkan masjid menjadi seperti gedung bioskop dimana orang datang hanya untuk menonton saja. Adanya hukum yang mengatur penggambaran wujud makhluk hidup juga harus menjadi pertimbangan dalam implementasi sistem. InsyaAllah jika Multimedia dipakai untuk menyampaikan kebaikan, maka hasilnya juga memberi berkah bagi manusia dan alam semesta.
- 9 Juni 2009

Sumber :
Bhanu
http://www.pakbhanu.com/multimedia-untuk-berdakwah/
25 September 2009

1 komentar:

  1. Semakin canggih teknologi multimedia dakwah dalam masjid semakin dekat Kebesaran Tuhan yang dirasakan

    BalasHapus